Laporan Keuangan

KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah, segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya dan karena berkat ridho-Nya kami Team Pengembangan Pendidikan Madrasah Al Barokah, dapat menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Pengembangan Pendidikan Madrasah Al Barokah Tahun 2010.
Penyusunan laporan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang pelaksanaan pengembangan pendidikan di Madrasah Al Barokah selama Tahun 2010, meliputi Laporan Keuangan mulai bulan Januari s/d Desember 2010 serta partisipasi dalam kegiatan proses belajar mengajar (PBM), partisipasi dalam kegiatan di luar proses belajar mengajar, masalah-masalah kependidikan dan pengelolaan administrasi sekolah.
Selama pelaksanaan pengembangan, kami banyak mendapat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, antara lain :
  • Pengurus DKM Al Barokah dan Yayasa Al Barokah
  • Majelis Ta`lim Al Barokah 
  • Pengurus RW.02, dan  RT.01 s/d RT.11 RW.02 Desa Sayati
  • Tokoh Masyarakat RW.02 Desa Sayati
  • Guru Madrasah Al Barokah
  • Para donatur
  • Serta pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu
Kami menghaturkan banyak terima kasih, kepada semua pihak yang telah membantu dalam pengembangan pendidikan di Madrasah Al Barokah.
Kami menyadari bahwa kegiatan yang kami lakukan masih banyak kekurangannya dan masih jauh dari harapan, untuk itu kami mohon keikhlasan bapak/ibu untuk memaafkan kami. Pada kesempatan ini kami mohon saran dan tanggapan dari semua pihak agar kami dapat meningkatkan pelaksanaan kegiatan pengembangan di Madrasah Al Barokah.
Terakhir izinkan kami mengucapkan syukur, semoga bantuan, bimbingan dan amal baik dari berbagai pihak mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT, Amin.
Bandung,  31 Desember 2010    
Team Pengembang Pendidikan

1. PENDAHULUAN
Sejak dilakukan pengembangan oleh TIM Pengembang, Pendidikan di Madrasah Al  Barokah terdiri dari 5 (lima) bagian, yaitu : Program Satuan PAUD Sejenis (SPS) BAMBIM (Bimbingan Anak Muslim Berbasis Mesjid) dan Kelompok Bermain (KOBER) serta Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) dan Taman Qiroatul Al Qur’an (TQA). Program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dibentuk Bulan Juni 2010 menggantikan TKA dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dibentuk menggantikan Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA). Semua program tersebut sudah mempunyai ijin resmi dari pemerintah melalui dinas terkait, yaitu Departemen Agama dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bandung.

Madrasah Al Barokah juga telah membentuk Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), yang menyelenggarakan Bimbingan Belajar (Tingkat Persiapan Masuk SD, Tingkat SD dan Tingkat SMP), Kusus (Bahasa Inggris dan Komputer), Kursus Keterampilan.
Pendidikan Madrasah Al Barokah merupakan tempat atau sarana belajar yang berlandaskan Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Umum. Materi kegiatan belajar mengacu pada standar pendidikan dari Dinas Pendidikan dan Departemen Agama.

2. REALISASI PENGEMBANGAN
Pengembangan Madrasah Al Barokah yang dilakukan dalam Rencana Pengembangan, yang disusun dengan bantuan Team Pengembangan Pendidikan, diarahkan untuk menunjang ini 3 (tiga) pilar rencana pengembangan, yaitu : (i) Meningkatkan kesejahteraan tenaga pengajar, (ii) Meningkatkan dan menata pengelolaan dan adminisrasi dan (iii) Melengkapi kekurangan sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar (KBM).

(1)  KESEJAHTERAAN TENAGA PENGAJAR

Peningkatan kesejahteraan tenaga pengajar dilakukan antara lain:
1.      Peningkatan uang kesejahteraan
Pada tahap awal, yaitu periode Januari 2010 – Juni 2010, uang kesejahteraan tenaga pengajar Rp. 250.000,- sedangkan Kepala Sekolah mendapat tunjangan Rp. 100.000,- dan Bendahara serta Tata Usaha mendapat tunjangan masing-masing Rp. 50.000,-
Pada perioda Juli 2010 - Desember 2010, uang kesejahteraan ditingkatkan, sehingga rata-rata uang kesejahteraan mencapai Rp. 500.000,-.

Uang kesejahteraan diupayakan terus ditingkatkan setidak-tidaknya mendekati Upah Minimum Regional (UMR) Kabupaten Bandung.
2.      Melanjutkan Pendidikan/Tugas Belajar
Dua orang tenaga pendidik melaksanakan Tugas Belajar dalam rangka meningkatkan tingkat pendidikan, yaitu :
  • Yanti Oktavianingsih, A.md Ak; melanjutkan pendidikan pada Program DualMode PAUD di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Tahun Ajaran 2010/2011.
  • Fifit Fitriyani, A.ma; melanjutkan pendidikan pada Program PAUD di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Tahun Ajaran 2010/2011.
Tenaga pengajar yang melaksanakan Tugas Belajar diberikan kompensasi mengajar. Selain itu juga diberikan Bantuan Bea Siswa. 
Dua orang tenaga pengajar lain melaksanakan penyetaraan tingkat pendidikan, yaitu :
  • Nenden Mahmudah; telah mendapatkan ijasah Paket B (setara SMP).
  • Rosmanah; telah mendapatkan ijasah Paket B (setara SMP).
Pada Tahun 2011 ini direncanakan dua orang tenaga pengajar juga akan meningkatkan pendidikannya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan pada Tahun 2012 direncanakan satu orang tenaga pengajar, yaitu:
  • Nurjanah; direncanakan melanjutkan pendidikan pada Program DualMode PAUD di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Tahun Ajaran 2011/2012.
  • Diah Puspitasari, A.Md; direncanakan melanjutkan pendidikan pada Program DualMode PAUD di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Tahun Ajaran 2011/2012.
  • Nenden Julianti; direncanakan melanjutkan pendidikan pada Program DualMode PAUD di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Tahun Ajaran 2012/2013.
Tenaga pengajar lain direncanakan melaksanakan penyetaraan tingkat pendidikan, yaitu :
  • Hera; direncanakan akan melakukan penyetaraan ijasah Paket B (setara SMP) pada Bulan Juni 2011.
  • Rosmanah; direncanakan akan melakukan pendidikan penyetaraan Paket C (setara SMA) pada Tahun 2012.
  • Nenden Mahmudah; direncanakan akan melakukan pendidikan penyetaraan  Paket C (setara SMA) pada Tahun 2012.
3.      Pelatihan
Tenaga pengajar diberikan seluas-luasnya untuk ikut serta dalam setiap pelatihan yang ada, baik oleh Pemerintah Daerah (kabupaten maupun Propinsi), Dinas Pendidikan dan Departemen Agama, maupun yang dilakukan sendiri. Pelatihan dilakukan terdiri dari 4 (empat) bentuk dan diberikan pada semua tenaga pendidik, meliputi :  
  • Pelatihan terintegrasi meliputi : penyusunan silabus, materi & bahan ajar 
  • Pelatihan luar yang diselenggarakan pihak lain
  • Pelatihan komputer, materi pelatihan komputer meliputi : Pengenalan Komputer, Program Office 2007, MS World, MS Xcell dan MS Power Point  
  • Pelatihan Bahasa Inggris, meliputi : Pengenalan, Elementary dan Basic Conversation

(2)  PENGELOLAAN DAN ADMINISTRASI

Peningkatan pengelolaan dan administrasi sekolah dilakukan dengan berbagai upaya antara lain: Pembentukan struktur organisasi dan penugasan serta administrasi sekolah.

 (3)  SARANA DAN PRASARANA

Peningkatan sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan antara lain:

Sarana dan Prasarana Tempat Kegiatan

Sarana dan prasarana Madrasah Al Barokah saat ini telah ditata menjadi antara lain :  
  • Sarana belajar mengajar yang representatif terdiri dari 2 gedung utama, yaitu: Gedung Madrasah terdiri dari 2 ruang kelas masing-masing berukuran sekitar 90 m2, Gedung RA yang terdiri dari 2 ruang kelas masing-masing berukuran sekitar 90 m2. 
  • Ruang sekretariat dan Ruang Guru berukuran sekitar 15 m2, yang dilengkapi dengan 1 (satu) unit komputer dan printer serta telepon dan dispenser. 
  • Sarana Dapur 
  • Sarana Kamar Kecil (WC), Tempat Wudlu, Tempat Cuci Tangan & Gosok Gigi
Selain sarana tersebut telah dibangun beberapa bangunan antara lain :  
  • Sarana Perpustakan berukuran sekitar 50 m2, yang dilengkapi dengan rak buku lengkap dengan buku-buku perpustakaan serta meja untuk membaca. 
  • Sarana Laboratorium komputer dibangun dengan luas bangunan sekitar 60 m2, yang dilengkapi dengan 5 (lima) unit komputer yang dapat digunakan oleh siswa serta 1 (satu) unit komputer untuk administrasi. Komputer tersebut juga telah dilengkapi perlengkapan jaringan internet.
Komputer dan internet direncanakan akan digunakan juga sebagai sarana WARNET (warung internet) harga murah, agar masyarakat tidak mampu mendapat kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan kemampuan melalui internet.

Alat Peraga Edukatif

Alat Peraga Edukatif (APE) dan administrasi kelompok meliputi : Prosotan dan mandi bola, Alat musik angklung dan Locker siswa, sebagai tempat penyimpanan alat belajar setiap siswa.

Pengembangan bahan belajar dan operasional pembelajaran

Pengembangan bahan belajar dan operasional pembelajaran, dimaksudkan untuk melengkapi bahan ajar mengajar yang sangat diperlukan untuk kelangsungan  kegiatan belajar mengajar, meliputi : Pengadaan Buku Pegangan, Pengadaan ATK dan Pengadaan Buku Perpustakaan dan CD interaktif.

3. KONDISI KEUANGAN
Pengembangan pendidikan Madrasah Al Barokah didukung oleh berbagai pihak, seperti: DKM Al Barokah, Yayasan Al Barokah, Majlis Ta’lim Al Barokah, Orangtua Siswa/Santri, Warga khususnya warga RW 02 Desa Sayati Kec. Margayahu dan Donatur

Penerimaan

Dana yang dapat dikumpulkan pada Peroda Tahun 2010 (Januari – Desember) mencapai Rp. 199.512.870,- (Seratus Sembilan Puluh Sembilan Juta Lima Ratus Dua Belas Ribu Delapan Ratus Tujuh Puluh Rupiah), dengan perincian Seperti ditunjukan pada Tabel dan Gambar berikut:
Penerimaan Perioda Tahun 2010
SUMBER
JAN-JUNI
JULI-DES
JUMLAH
Team Pengembang (TPP)
39,257,870
29,028,000
68,285,870
DKM Al Barokah (DKM)
11,000,000
1,000,000
12,000,000
SPP Santri/Siswa (SPP)
3,735,000
16,580,000
20,315,000
Sumbangan Penerimaan Murid Baru (SPMB)
4,980,000
19,416,000
24,396,000
DONATUR
41,326,000
7,715,000
49,041,000
LAINNYA
6,875,000
18,600,000
25,475,000
TOTAL
107,173,870
92,339,000
199,512,870

Penerimaan dari DKM Al Barokah pada perioda Januari – Juni termasuk dalam bentuk pinjaman Team Pengembangan Pendidikan sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima juta rupiah).
Jumlah penerimaan dari SPP santri/siswa ada kenaikan yang cukup signifikan pada perioda Juli-Desember, hal ini disebabkan karena RA telah bergabung mulai Tahun Ajaran 2010-2011 (mulai Bulan Juli 2010).  Selain itu pada Tahun Ajaran 2010-2011 (mulai Bulan Juli 2010), dilakukan penyesuaian besaran SPP.
Sumbangan Penerimaan Murid Baru merupakan biaya yang dibebankan pada orangtua satri/siswa pada saat penerimaan murid baru, yaitu untuk Tahun Ajaran 2010-2011. Pendaftaran dimulai bulan April 2010 dan pembayaran dapat dicicil.
Donatur terdiri dari donatur dari warga RW 02 Desa Sayati Kec. Margahayu termasuk dari Majelis Ta’lim dan donatur dari luar warga.
Lainnya adalah merupakan sumbangan bantuan biaya dari orangtua siswa/santri untuk membantu kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti misalnya Pentas Seni, Lomba, Outbound dan IMTIHAN. Selain itu yang termasuk dalam kelompok ini adalah Bantuan Dana yang diterima dari instansi pemerintah.

Pengeluaran

Pengeluaran kegiatan Madrasal Al Barokah perioda Tahun 2010 (Januari-Desember), seperti ditunjukan pada Tabel berikut.
Pengeluaran Perioda Januari-Juni 2010
BELANJA
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Jumlah
PEGAWAI
1,750,000
2,650,000
1,800,000
1,950,000
1,950,000
4,180,000
14,280,000
BARANG DAN JASA
397,000
2,732,375
1,412,300
7,055,200
3,814,000
12,518,550
27,929,425
LAIN-LAIN
370,000
284,770
187,000
-
1,057,400
5,866,450
7,765,620
TIDAK TERDUGA
-
100,000
-
42,000
-
503,000
645,000
BELANJA MODAL
-
365,000
-
8,700,000
36,000,000
9,000,000
54,065,000
TOTAL
2,517,000
6,132,145
3,399,300
17,747,200
42,821,400
32,068,000
104,685,045
Pengeluaran Perioda Juli-Desember 2010
BELANJA
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
Jumlah
PEGAWAI
5,305,000
4,860,000
5,475,000
5,725,000
5,358,000
5,445,000
32,168,000
BARANG DAN JASA
3,577,000
3,984,300
1,616,000
3,216,000
4,051,800
12,541,500
28,986,600
LAIN-LAIN
1,211,500
713,500
50,000
536,500
135,000
5,635,909
8,282,409
TIDAK TERDUGA
50,000
1,787,750
571,000
165,000
752,200
130,500
3,456,450
BELANJA MODAL
1,350,000
6,000,000
832,000
9,435,000
3,889,000
-
21,506,000
TOTAL
11,493,500
17,345,550
8,544,000
19,077,500
14,186,000
23,752,909
94,399,459

Total pengeluaran pada perioda Tahun 2010 adalah sebesar Rp. 199.084.504,- (Seratus Sembilan puluh sembilan juta puluh empat ribu lima ratus empat rupiah).
Maka sampai Bulan Desember 2010 terdapat saldo sebesar Rp. 428.366 (Empat ratus dua puluh delapan ribu tiga ratus enam puluh enam rupiah).  
Pengeluaran tersebut belum termasuk hutang Team Pengembangan Pendidikan pada Bagian Pembangunan (Bapak Kresno), sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam juta rupiah).

Sumbangan Lain

Madrasah Al Barokah juga menerima bantuan/sumbangan lainnya antara lain: meja lipat kecil, Komputer, CPU, Telpon, Dispenser, Karpet, Exhaus Fan, dll.


PENUTUP

Pendidikan Madrasah Al Barokah yang merupakan sarana pendidikan dibawah naungan DKM Al Barokah dan dikelola oleh Yayasan Al Barokah. Pendidikan dilakukan merupakan Pendidikan Umum yang berlandaskan Agama Islam, mengacu pada ketentuan dan aturan pemerintah khususnya Dinas Pendidikan dan Departemen Agama. Pendidikaan di Madrasah Al Barokah merupakan sarana strategis yang berperan ganda, yaitu sebagai sarana belajar untuk menciptakan manusia yang cerdas, dan sebagai sarana menciptakan manusia yang beriman, bertakwa serta berakhlak mulia, sebagai sarana pengembangan agama, sarana syiar sekaligus juga sarana ladang amal.
Kemajuan pendidikan di Madrasah termasuk Madrasah Al Barokah mengandung pengertian kemajuan penciptaan mahluk yang mulia oleh karena itu diharapkan dengan berkembangnya Madrasah maka dapat berperan aktif dalam mewujudkan umat manusia yang maju dan mulia.
Marilah kita satukan persepsi untuk membentuk generasi yang maju dan mulia melalui pengembangan Madrasah Al Barokah. Madrasah Al Barokah merupakan salah satu madrasah yang memerlukan pengembangan, untuk itu kami serukan kepada semua pihak yang kiranya dapat membantu tugas mulia tersebut. Mudah-mudahan Madrasah Al Barokah dapat menjadi sarana bagi semua lapisan masyarakat (termasuk masyarakat yang kurang mampu) untuk mendapatkan pengetahuan umum dan pengetahuan agama Islam, serta mampu mengemban tugas untuk Mewujudkan Generasi Qur’ani yang bermasyarakat, berilmu dan berakhlakul karimah. Amin
Teriring kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan semua pihak, semoga Allah SWT membalasnya dengan yang lebih baik serta melapangkan jalan menuju pintu surga. Amin
Wassalamu’alaikum wr.wb.